Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Adat yang telah lama dilakukan sejak dahulu ini menjadi prosesi harus dalam tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang keder sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah seketika aja Sputnik beri tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang lazimnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria umumnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai wujud dan simbol tuntunannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Peralatan Mandi

Biasanya untuk kelengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih indah.

Kelengkapan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna bercahaya dan penuh keinginan. Akan melainkan untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Jika sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Kelengkapan Pesta

Kelengkapan pesta ini berjenis-jenis – jenis isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian adat istiadat kebiasaan umpamanya betawi mesti menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan seharusnya. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tapi ada sebagian tradisi seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item semestinya banget yang semestinya sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan diterapkan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria umumnya lebih sederhana dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja karena sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak patut.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Adat Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *